Minggu, 04 Desember 2016

Pentingnya Ilmu Psikologi dalam Kehidupan

Ilmu psikologi saat ini menjadi salah satu ilmu yang telah di perhitungkan dalam macam-macam ilmu pengetahuan. Ia mungkin bukanlah ilmu murni layaknya Matematika, maupun filsafat. Namun ilmu psikologi memiliki sebuah keilmuan yang mampu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Kontribusi ilmu psikologi dirasakan dalam berbagai dunia manusia, mulai dari dunia ketenagakerjaan, kesehatan, pendidikan, hingga sosial kemasyarakatan. Dalam dunia ketenagakerjaan akan kita temukan ilmu ini di aplikasikan untuk menjaga motivasi, penilaian performa, efektifitas kebijakan terhadap motivasi karyawan dan lain sebagainya.
Dalam dunia pendidikan ilmu psikologi ini dapat digunakan untuk merancang sebuah gaya pembelajaran yang memudahkan murid untuk menjaga antusias, hingga pemilihan jurusan yang tepat untuk masa depan siswanya. Di dunia kesehatan pun, ilmu psikologi tak mampu di remehkan sebelah mata. Diketahui bahwa beberapa penyakit yang tak dapat ditangani secara medis seperti penyakit kejiwaan, akan dapat terbantukan dengan adanya ilmu psikologi melalui tangan para psikolog.
Peran media televisi pun sangat penting dalam mendongkrak kepopuleran jurusan psikologi, yang mana banyak sekali para psikolog yang di mintai pendapat maupun komentar di setiap kasus fenomena yang baru saja nge-hits.
Pentingnya ilmu psikologi pada akhirnya akan semakin lengkap manakala, keilmuan tersebut di barengi dengan nilai-nilai agama dalam melakukan pendidikan moral anak bangsa. Sehingga kasus-kasus yang tak lazim terjadi saat ini mampu ditekan pertumbuhannya. Melakukan pembinaan dan cita-cita bangsa seperti “mega proyek” revolusi mental yang tak akan sempurna, jika tak menggunakan teknik-teknik psikologi di dalamnya. Karena dasar dari revolusi mental adalah perubahan mental dalam diri manusia itu sendiri. Dan psikologi adalah serangkaian alat untuk membuak rahasia manusianya itu sendiri. Yuk mewarnai kehidupan dengan psikologi!! ☺☺

0 komentar:

Posting Komentar