Sabtu, 03 Desember 2016

Sensasi dan Persepsi

Sensasi adalah proses manusia dalam menerima informasi sensoris (energi fisik dari lingkungan) melalui penginderaan dan menerjemahkan informasi tersebut menjadi sinyal-sinyal neural yang bermakna.

Sensasi berasal dari kata “sense” yang artinya penginderaan. Alat indera adalah organ yang berfungsi untuk menerima jenis rangsangan tertentu. semua organisme memiliki reseptor sebagai alat penerima informasi. Informasi tersebut dapat berasal dari luar dan dari dalam dirinya. Alat indera yang kita kenal ada 5 macam , yaitu indera penglihatan, indera pendengaran, peraba, pengecap, dan pembau.

Persepsi adalah sebuah proses saat individu mengatur dan menginterpretasikan kesan-kesan sensoris mereka guna memberikan arti bagi lingkungan mereka dan seringkali didasarkan pada persepsi mereka tentang kenyataan. Dengan kata lain,persepsi itu adalah sebuah respons yang kita berikan akibat dari sensasi yang kita terima dan respons tersebut cenderung berhubungan dengan pengalaman kita. Faktor-faktor pribadi dan sosial yang terdapat dalam persepsi, yaitu:
  1. Faktor-faktor ciri dari objek stimulus.
  1. Faktor-faktor pribadi seperti intelegensi, minat.
  1. Faktor-faktor pengaruh kelompok.
  1. Faktor-faktor perbedaan latar belakang kultural.

Sekian informasi singkat yang bisa aku kasih ke kalian, tunggu informasi-informasi selanjutnya yaaa~☺☺

Dan untuk Blog Blog yang menarik silahkan liat alamtn Blog dibawah ini:


0 komentar:

Posting Komentar