Sabtu, 25 Maret 2017

Psikologi Pendidikan: Perencanaan, Instruksi dan Teknologi (Resume 2)



➤Perencanaan Instruksional adalah pengembangan atau penyusunan strategi sistematik dan tertata untuk merencanakan pelajaran. Walaupun beberapa momen instruksional yang baik kadang bisa terjadi secara spontan, pelajaran masih harus tetap direncanakan dengan baik dan cermat.

➤Kerangka Waktu
Menyusun rencana waktu yang sistematis membutuhkan pengetahuan tentang apa-apa yang perlu dilakukan dan kapan melakukannya.

  •  Apa yang Perlu Dilakukan: Menentukan tujuan instruksional yaitu apa yang harus dicapai, Merencanakan kegiatan yaitu kegiatan apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan dan Menentukan prioritas yaitu tugas mana yang lebih penting.
  • Waktu Melakukannya: Membuat estimasi waktu yaitu berapa lama waktu yang dibutuhkan, Membuat jadwal yaitu kapan kegiatan dilakukan dan Fleksibel yaitu bagaimana kita menangani situasi yang tak terduga.
➤Perencanaan dan Instruksi Pelajaran Teacher-Centered
Tiga alat umum di sekolah yang berguna dalam perencaan teacher-centered adalah menciptakan sasaran behavioral, menganalisis tugas dan menyusun taksonomi instruksional.
➧Menciptakan Sasaran Behavioral. Sasaran Behavioral adalah pernyataan tentang perubahan yang diharapkan oleh guru akan terjadi dalam kinerja murid. Menurut Mager, sasaran behavioral harus mengandung 3 bagian, yaitu: 
  • Perilaku murid
  • Kondisi dimana perilaku terjadi
  • Kriteria kinerja
➧Menyusun Taksonomi Instruksional. Taksonomi instruksional juga membantu pendekatan teacher-centered. Taksonomi adalah sistem klasifikasi. Taksonomi mengklasifikasikan sasaran pendidikan menjadi 3 domain, yaitu: Kognitif, afektif dan psikomotor.
Domain Koginitif mengandung 6 sasaran yaitu:
  • Pengetahuan
  • Pemahaman
  • Aplikasi
  • Analisis
  • Sintesis
  • Evaluasi
Domain Afektif, mensyaratkan agar murid menunjukkan tingkat komitmen emosional tertentu, yaitu:
  • Penerimaan
  • Respons
  • Menghargai
  • Pengorganisasian
  • Menghargai Karakterisasi
Domain Psikomotor. Sasaran psikomotor menurut Bloom, adalah:
  • Gerak Refleks
  • Gerak Fundamental dasar
  • Kemampuan Perseptual
  • Kemampuan Fisik
  • Gerakan Terlatih
  • Perilaku Nondiskusif
➤Instruksi Langsung
Instruksi langsung adalah pendekatan teacher-centered yang terstruktur yang dicirikan oleh arahan dari kontrol guru, ekspetasi guru yang tinggi atas kemajuan murid, maksimalisasi waktu yang dihabiskan murid untuk tugas-tugas akademik dan usaha guru untuk meminimalkan pengaruh negatif terhadap murid.

➤Strategi Instruksional Teacher-Centered
Disini akan berbicara tentang mengorientasikan murid pada materi baru; mengajar, menjelaskan dan mendemonstrasikan; menanyakan dan diskusi; penguasaan pembelajaran; tujuan di kelas; dan pekerjaan rumah.
➧Mengorientasikan 

  • Advance organizer, terdiri dari Expository dan Comparative
  • Pengajaran, Penjelasan dan Demonstrasi
  • Pertanyaan dan Diskusi
  • Mastery Learning (Penguasaan materi ) adalah pembelajaran satu konsep atau topik secara menyeluruh sebelum pindah ke topik yang lebih sulit.
  • Seatwork (tugas di kelas) adalah menyuruh semua murid untuk belajar sendiri di bangku mereka.
  • Pekerjaan Rumah
➤Perencanaan dan Instruksi Pelajaran Learner-Centered
Instruksi da perencanaan learner-centered adalah siswa yang aktif, bukan guru.
➧Prinsip Learner-Centered
Diklasifikasi berdasarkan empat faktor, yaitu:
  • Kognitif dan Metakognitif, ada enam prinsip yaitu sifat proses pembelajaran, tujuan proses pembelajaran, konstruksi pengetahuan, pemikiran strategis, memikirkan tentang pemikiran (metakognisi) dan konteks pembelajaran.
  • Motivasional dan Emosional, ada tiga prinsip yaitu pengaruh motivasi dan emosi terhadap pembelajaran, motivasi instrinsik untuk belajar dan efek motivasi terhadap usaha.
  • Perkembangan dan Sosial, ada dua prinsip yaitu pengaruh perkembangan pada pembelajara dan pengaruh sosial terhadap pembelajaran.
  • Perbedaan Individual, ada tiga prinsip yaitu perbedaan individual dalam pembelajaran, pembelajaran dan diversitas dan standar dan penilaian.
➧Strategi Instruksional Learner-Centered
Ada dua strategi, yaitu:
  • Pertanyaan esensial adalah pertanyaan yang mereflesikan inti dari kurikulum, hal yang paling penting yang harus dieksplorasi dan dipelajari oleh murid.
  • Pembelajaran penemuan adalah pembelajaran dimana murid menyusun pemahaman sendiri.
➤Teknologi dan Pendidikan
Revolusi Teknologi adalah bagian dari masyarakat informasi dimana kita kini hidup..Orang menggunaka komputer, pena, surat dan telepon untuk berkomunikasi. Masyarakat baru masih mengandalkan beberapa keahlian nonteknologi mendasar seperti keterampilan, berkomunikasi, kemampuan memecahkan masalah, berpikir mendalam, berpikir negatif dan bersikap positif.

➧Internet
Internet adalah inti dari komunikasi melalui komputer yang berisi ribuan jaringan komputer yang terhubung di seluruh dunia yang menyediakan informasi yang tak terhingga yang dapat diakses murid
World Wide Web adalah sistem pengambilan informasi hypermedia yang menghubungkan berbagai materi internet yang mencakup teks dan grafis. Website adalah lokasi individu atau organisasi di internet. Email adalah singkatan dari electronic mail yang merupakan bagian penting lain dari internet.

➤Teknologi dan Diversitas Sosiokultural
Teknologi membawa beberapa issu sosial. Komputer sering dipakai untuk aktivitas sosiokultural yang berbeda. Sekolah yang memiliki lebih banyak murid minoritas berpendapatan rendah cenderung menggunakan komputer untuk latihan menulis atau berhitung.
➤Standar untuk Murid yang "Melek teknologi"
➧Pra-taman Kanak-kanak Sampai Grade Dua

  • Gunakan alat input (seperti mouse, keyboard, atau remote control) dan alat ouput (seperti monitor dan printer) untuk mengoperasikan komputer.
  • Gunakan variasi media dan teknologi
  • Gunakan sumber daya multimedia yang pas
  • Kerja sama dengan teman
  • Gunakan sumber daya teknologi
  • Tunjukkan perilaki etis dan sosial
➧Grade 3 sampai 5
  • Gunakan keyboard dan alat input dan ouput secara efektif
  • Gunakan alat teknologi untuk kegiatan menulis dsb
  • Gunakan telekomunikasi secara efektif
  • Gunakan telekomunikasi dan sumber daya online
  • Gunakan sumber daya teknologi
➧Grade 6 sampai 8
  • Aplikasikan strategi untuk mengidentifikasi dan memcahkan masalah hardware dan software
  • Tunjukkan pengetahuan tentang perubahan dalam teknologi informasi
  • Gunakan alat spesifik, software dan simulasi
  • Desain, kembangkan, publikasikan dan paparkan produk
  • Teliti dan evaluasi akurasi, relevansi dan bias dari sumber informasi elktronik
➧Grade 9 sampai 12
  • Identifikasi kapabilitas dan keterbatasan dari teknologi kontemporer
  • Gunakan sumber daya teknologi
  • Gunakan informasi online secara rutin
  • Pilih dan aplikasikan alat teknologi untuk riset dsb

Nama: Nabilah Alwani
NIM: 161301023

0 komentar:

Posting Komentar