Apa itu Psikologi Pendidikan???
➤Psikologi Pendidikan adalah cabang ilmu psikologi yang mengkhususkan diri pada cara memahami pengajaran dan pembelajaran dalam lingkungan pendidikan. Bidang psikologi pendidikan didirikan oleh beberapa ahli atau perintis bidang psikologi sebelum awal abad ke-20. Ada tiga perintis atau ahli terkemukan yang muncul di awal sejarah psikologi pendidikan, yaitu:
➤Psikologi Pendidikan adalah cabang ilmu psikologi yang mengkhususkan diri pada cara memahami pengajaran dan pembelajaran dalam lingkungan pendidikan. Bidang psikologi pendidikan didirikan oleh beberapa ahli atau perintis bidang psikologi sebelum awal abad ke-20. Ada tiga perintis atau ahli terkemukan yang muncul di awal sejarah psikologi pendidikan, yaitu:
- William James (1842-1910), setelah meluncurkan buku ajar psikologinya yang pertama adalah Principles of Psychology (1890). Dia mengatakan bahwa eksperimen psikologi di laboratorium sering kali tidak bisa menjelaskan pentingnya mempelajari bagaimana cara mengajar anak secara efektif dan menegaskan bahwa pentingnya mempelajari proses belajar dan mengajar di kelas yang berguna untuk meningkatkan mutu pendidikan.
- John Dewey (1859-1952). Dari Dewey kita mendapatkan pandangan tentang anak sebagai pembelajar aktif (active learner), mendapatkan ide bahwa pendidikan seharusnya difokuskan pada anak secara keseluruhan dan memperkuat kemampuan anak untuk beradaptasi dengan lingkungannya dan dari Dewey kita juga mendapatkan gagasan bahwa semua anak berhak mendapat pendidikan yang selayaknya.
- E.L. Thorndike (1874-1949). Thorndike yang memberi banyak perhatian pada penilaian dan pengukuran serta perbaikan dasar-dasar belajar secara ilmiah. Dia berpendapat bahwa salah satu tugas pendidikan di sekolah yang paling penting adalah menanamkan keahlian penalaran anak.
➤Mengajar: Antara Seni dan Ilmu Pengetahuan
Ahli psikologi pendidikan juga mengakui bahwa mengajar terkadang harus mengabaikan saran-saran ilmiah, tetapi juga menggunakan improvisasi dan spontanitas. Sebagai sebuah ilmu, tujuan psikologi pendidikan adalah memberi kita pengetahuan riset yang secara efektif dapat di aplikasikan untuk situasi mengajar, tetapi pengajaran kita merupakan sebuah seni mengajar.
➤Cara Mengajar yang Efektif
Hal ini membutuhakn dua hal yang paling utama, yaitu:
1. Pengetahuan dan Keahlian Profesional: Guru yang efektif menguasai materi pelajaran dan keahlian keterampilan mengajar yang baik. Guru yang efektif memiliki strategi pengajaran yang baik dan didukung oleh metode penetapan tujuan, rancangan pengajaran dan manajemen kelas. Guru juga tahu bagaimana cara memotivasi, berkomunikasi dan berhubungan secara efektif dengan muridnya.
- Penguasaan Materi Pelajaran
- Strategi Pengajaran
- Penetapan Tujuan dan Keahlian Perencanaan Intruksional
- Keahlian Manajemen Kelas
- Keahlian Motivasional
- Keahlian Komunikasi
- Bekerja Secara Efektif dengan Murid dari Latar Belakang Kultural yang Berlainan
- Keahlian Teknologi
2. Komitmen dan Motivasi: Komitmen dan motivasi dapat membantu guru yang efektif untuk melewati masa-masa sulit dan melelahkan dalam mengajar. Guru yang efektif juga mempunyai kepercayaan diri terhadap kemampuan mereka dan tidak akan membiarkan emosi negatif melunturkan motivasi mereka
➤Riset dalam Psikologi Pendidikan
Pendekatan Riset Ilmiah. Riset Ilmiah adalah riset objektif, sistematis dan dapat diuji. Riset ilmiah mereduksi kemungkian bahwa infomasi didasarkan pada keyakinan, opini dan perasaan personal serta dilandaskan oleh metode ilmiah yang merupakan sebuah pendekatan yang dapat dipakai untuk menemukan informasi yang akurat.
➧Metode Riset
- Riset Deskriftif yang berguna untuk mengamati dan mencatat perilaku. Seperti observasi, wawancara dan kuesioner, tes standar dan studi kasus.
- Riset Korelasional yang berguan mendeskripsikan kekuatan hubungan antara dua atau lebih kejadian atau karateristik.
- Riset Eksperimental yang berguna untuk menentukan sebab perilaku
- Riset Cross-sectional yang berguna untuk mempelajari kelompok orang pada satu waktu.
- Riset Longitudinal yang berguna untuk mempelajari individu-individu yang sama selama periode waktu tertentu.
➧Riset Evaluasi Program, Riset Aksi dan Guru-sebagai Riset
- Riset Evaluasi Program adalah riset yang didesain untuk membuat keputusan tentang efektivitas suatu program.
- Riset Aksi adalah riset yang digunakan untuk memecahkan masalah kelas atau sekolah secara spesifik.
- Guru-sebagai Riset adalah guru yang dapat melakukan studi sendiri untuk menigkatkan praktek mengajar mereka.
➧Tantangan Riset
- Etika
- Gender
- Etnis dan Kultur
- Menjadi Konsumen Informasi yang Bijak tentang Psikologi Pendidikan
Nama: Nabilah Alwani
NIM: 161301203
0 komentar:
Posting Komentar